Bersiap! Pertalite Akan Diganti dengan Bioetanol

Bersiap! Pertalite Akan Diganti dengan Bioetanol Ilustrasi BBM Pertalite.
Minggu, 5 Mei 2024 19:00
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Pemerintah tengah merencanakan membuka peluang mengganti bahan bakar bersubsidi jenis Pertalite dengan Bioetanol. Hal itu diucapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Tujuannya adalah mengurangi minyak fosil dan juga meningkatkan kandungan oktan agar lebih ramah lingkungan. "Harus ke sana larinya (Pertalite diganti Bioetanol),” ujar Luhut dalam acara Jakarta Future Forum: Blue Horizons, Green Growth, dikutip Antara, Minggu (5/5).

Jika Pertalite diganti Bioetanol, pemerintah berusaha tetap menyediakan subsidi. Sehingga, harga masih bisa terjangkau dan memperbaiki sistem penerimaan BBM tersebut agar lebih tepat sasaran. "Ya, tetap subsidi. Lagi kami hitung, supaya begini, targetnya yang kami subsidi adalah orang yang pantas disubsidi," papar Luhut.

Pertamina sejak tahun lalu sudah merencanakan Pertalite RON 90 yang masuk kategori BBM subsidi digantikan Pertamax Green 92 dengan kandungan oktan lebih tinggi. Ditambah, sesuai aturan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yakni produk Bahan Bakar Minyak (BBM) yang bisa dijual di Indonesia minimal RON 91. Maka, Pertalite sudah tidak sejalan dengan peraturan tersebut.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan saat ini Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Swasembada Gula dan Bioetanol di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan sedang membahas usulan penghapusan cukai untuk etanol.

"Jadi, nanti cukainya enggak diberlakukan gitu untuk etanol (bahan bakar) itu,” ujar Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Eniya Listiani Dewi ketika ditemui di Jakarta.

Meskipun belum ada kepastian kapan digantinya Pertalite, di beberapa daerah BBM jenis ini sudah mulai langka dan hilang dari pasaran. Dikutip dari lampost.com, Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) di Kotabumi, Lampung dan sekitarnya tidak memiliki stok BBM jenis Pertalite. Sedangkan, tulisan Pertalite di plang penjualan di salah satu SPBU daerah Pos Pengumben, Jakarta dihapus. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.