Pembalap Indonesia Bisa Cari Ilmu di Akademi Valentino Rossi

Pembalap Indonesia Bisa Cari Ilmu di Akademi Valentino Rossi Akademi VR46 milik Valentino Rossi.
Senin, 29 April 2024 15:00
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Tidak hanya menjadi sponsor utama VR46 Racing Team di MotoGP selama tiga musim yakni 2024-2026, PT Pertamina Lubricants turut memberi kesempatan kepada pembalap berbakat Indonesia untuk masuk dan menimba ilmu di VR46 Riders Academy milik Valentino Rossi.

Nantinya, pembalap Indonesia akan menjadi bagian dari kerja sama dengan VR46 Racing Team. "Kami akan membangun sistem seleksinya pada tahun 2025," kata Manajer Small Engine Oil (SEO) PT Pertamina Lubricants, Aribowo Santosa dikutip dari Antara, Senin (29/4).

VR46 Riders Academy merupakan akademi yang menghasilkan pembalap-pembalap kelas dunia, salah satunya adalah Francesco Bagnaia yang berhasil merebut dua gelar juara dunia MotoGP yakni 2022 dan 2023. Di MotoGP 2024, Pertamina Enduro VR46 Racing Team menggunakan jasa Marco Bezzecchi yang merupakan alumnus VR46 Riders Academy.

"Namun, tidak mudah untuk memilih pembalap untuk dikirim ke sana. Harus melibatkan banyak pihak," kata Aribowo.

Akademi ini dibentuk Rossi pada 2013 usai sahabat latihannya, Marco Simoncelli meninggal dunia akibat kecelakaan di MotoGP Malaysia 2011. Selain itu, tujuannya guna membantu para pembalap Italia agar berkembang dan sukses.

Dilansir dari motorcyclesports.net, biaya masuk ke akademi Rossi ini gratis alias tanpa pungutan sedikitpun. Tapi, tidak semua orang bisa punya kesempatan masuk dan harus melewati beberapa tes.

Selain itu, jika nantinya pembalap mulai menghasilkan uang setidaknya 50 ribu euro per tahun, ada kesepakatan pembalap harus membayar 10 persen ke akademi. Uang itu bukan masuk ke kantung Rossi, tapi buat pengembangan akademi. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.