Kawasaki Indonesia Recall Ninja ZX-25R, ZX-25RR, dan ZX-4RR

Kawasaki Indonesia Recall Ninja ZX-25R, ZX-25RR, dan ZX-4RR
Senin, 22 April 2024 22:00
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) melakukan recall untuk motor sport Ninja ZX-25R. Kabar recall ini diketahui dari akun Tiktok @Mr.CacingRacing pada Senin (22/4). Dalam unggahannya, ditunjukkan surat permohonan kepada pemilik dan pengguna Kawasaki Ninja ZX-25R, ZX-25RR, dan ZX-4RR.

"Sehubungan dengan adanya posisi lubang pembuangan air pada rangka sepeda motor ZX-25R, ZX-25RR, dan ZX-4RR yang kurang sesuai, sehingga dapat menyebabkan air masuk ke dalam rangka dan kemungkinan akan mengakibatkan adanya cat yang mengelupas, yang hanya akan berpengaruh terhadap tampilan, tetapi tidak mempengaruhi untuk faktor kekuatan rangka," tulis bunyi surat panggilan Kawasaki kepada konsumen.

Dalam surat itu, KMI juga menyarankan pemilik motor yang terkena recall untuk segera dibawa ke bengkel. Nantinya, akan dilakukan pengecekan dan penambahan lubang pembuangan air pada komponen rangka.

"Sebagai bentuk apresiasi, kedatangan kepada konsumen loyal Kawasaki, kami memberikan “Free Scan Engine (VDR)” untuk sepeda motor," tulis lanjutan surat tersebut. Kawasaki Indonesia sendiri dalam suratnya tidak menyebutkan berapa jumlah motor yang terkena kampanye recall tersebut.

Recall Kawasaki Ninja ZX-25R, ZX-25RR, dan ZX-4RR sendiri sudah dilakukan terlebih dahulu di Jepang serta Malaysia. Kawasaki Jepang me-recall motor ini sejak Januari 2024. Dalam siaran pers Kawasaki Jepang, ditemukan lubang drainase pada rangka motor yang tidak ditempatkan dengan benar, sehingga menyulitkan air masuk ke dalam kendaraan. Hal itu pun menyulitkan air keluar saat berkendara di tengah hujan atau mencuci kendaraan. Air juga mungkin tertinggal di dalam rangka dalam waktu yang lama.

"Oleh karena itu, jika terus digunakan dalam keadaan seperti ini, ada risiko cat terkelupas akibat karat di sekitar lubang drainase," tulis keterangan tersebut.

Sedangkan di Malaysia, dikutip dari Paultan, perbaikan di bagian bawah rangka ini gratis dan hanya memakan waktu 1,5 jam. “Kami informasikan bahwa model sepeda motor Ninja ZX-25R Anda perlu diperbaiki bagian bawah rangka (sasis) sesuai arahan distributor Kawasaki di seluruh dunia. Proses modifikasi ini diperkirakan memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit dan dapat dilakukan di seluruh diler eksklusif Kawasaki se-Malaysia,” tulis keterangan itu. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.