Volume Oli Mesin Motor Berkurang? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Volume Oli Mesin Motor Berkurang? Bisa Jadi Ini Penyebabnya
Kamis, 6 Juli 2023 08:00
Nabiel Giebran El Ri

Oli yang bersirkulasi pada mesin motor lama-kelamaan akan berkurang volumenya. Namun, ada juga kasus volume oli berkurang dalam waktu yang tergolong sebentar.

Nah, kira-kira apa penyebabnya? Andi, salah satu mekanik Suba Motor, Bojong Gede menjelaskan kurangnya oli mesin bisa jadi karena adanya kebocoran.

   Baca Juga: Waktu Ideal Memanaskan Motor, Jangan Lama-Lama!

“Kebocoran biasanya disebabkan karena ada paking yang robek, sehingga tidak bisa lagi menahan oli. Cara mengetahuinya dengan mengecek apa ada oli yang berceceran,” ucap Andi.

Lantas, kalau tidak terjadi kebocoran, lalu apa penyebabnya? Bisa jadi berasal dari ruang bakar.

Seal klep yang sudah getas bisa menjadi penyebab oli masuk ke dalam ruang bakar, sehingga oli terbakar sedikit-sedikit, jadi berkurang. Ciri-cirinya bisa dilihat jika knalpot mengeluarkan asap tipis,” lanjut Andi.

   Baca Juga: Sistem Lampu AHO Berpengaruh pada Usia Pakai Aki Motor?

Penyebab lainnya, bisa jadi karena oli yang menguap. “Oli bisa menguap karena suhu panas mesin terlalu tinggi,” imbuhnya.

Suhu mesin tinggi biasanya karena setelan campuran bahan bakar yang tidak pas. Andi pun menyarankan untuk rutin mengecek volume oli mesin per 2.000 km, apalagi jika motor sering digunakan di kondisi macet-macetan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.