Hal yang Tidak Dianjurkan Saat Isi Bensin di SPBU

Hal yang Tidak Dianjurkan Saat Isi Bensin di SPBU Ilustrasi pengisian bensin di SPBU.
Minggu, 14 Januari 2024 21:10
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Pengendara sepeda motor pastinya sudah sering mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU. Namun, pengisian bensin yang kurang benar bisa menimbulkan kerugian.

Ketika pengisian bensin sendiri terdapat beberapa mitos seperti harus menggoyangkan kendaraan agar BBM turun. Hal ini pun dibantah oleh Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan. Ia menjelaskan menggoyang kendaraan saat isi BBM tidak mendapatkan manfaat tertentu.

"Menggoyangkan kendaraan tidak berpengaruh apa-apa selain membuat kendaraan bergoyang. Bahkan menggoyangkan kendaraan di SPBU dapat mengganggu keamanan di area SPBU," kata Eko.

Kasus menggoyangkan motor sendiri bisa berdampak fatal. Pada akun Instagram @info_malang, pengemudi Yamaha Vixion sedang mengisi bensin, tapi sambil menggoyang-goyangkan motornya dan ketika mengidupkan motor tiba-tiba api muncul dari tangki bensin.

Lebih lanjut, seiring perkembangan model motor saat ini terdapat tangki yang berada di depan, tapi disarankan untuk tetap turun berkaitan dengan aspek safety. “Karena saat pengisian dari nozzle hingga dispenser adalah zona dengan konsentrasi uap BBM yang tinggi. Efek yang muncul juga cukup serius, di mana pengendara bisa mengalami gangguan pernafasan atau sesak nafas mendadak seperti asma,” papar Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting.

Anda juga disarankan mengisi BBM hingga penuh agar tidak timbul embun di tangki. Karena kalau tangki dibiarkan kosong dalam waktu tertentu, pasti akan diisi dengan udara. "Inilah yang kemudian berubah menjadi embun. Embun kemudian akan berubah menjadi air. Air dari embun inilah yang bisa membahayakan bahan bakar dan mesin mobil," tulis Pertamina dalam laman resminya.

Embun yang menjadi air di tangki tentu perlahan akan menetes di tangki. Air bakal bercampur dengan bahan bakar. Akibatnya, kualitas bahan bakar yang bercampur dengan air jadi berkurang. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.