Ngecas Motor Listrik Jadi Aman Karena Ada Teknologi Ini

Ngecas Motor Listrik Jadi Aman Karena Ada Teknologi Ini Motor listrik Honda EM1 e:.
Sabtu, 13 April 2024 22:10
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Baterai adalah komponen utama motor listrik guna menyimpan energi untuk menggerakkan motor. Terdapat berbagai cara mengisi daya baterai, antara lain dengan langsung colok ke motor atau harus mencopot baterainya.

Ketika melakukan pengecasan, pastinya Anda perlu menunggu beberapa waktu hingga baterai penuh. Namun saat ditinggal, apakah baterai bakal mengalami over-charging?

Tidak perlu takut, saat ini motor listrik umumnya sudah mempunyai teknologi automatic cut-off. Teknologi ini berfungsi untuk memutus arus listrik ke baterai.

"Cut-off akan bekerja jika baterai sudah terisi penuh atau ditandai dengan lampu hijau menyala penuh, charger akan memutus arus pengisian daya," kata Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), Reza Rezdie saat ditemui Otorider beberapa waktu lalu.

Jika nantinya pemilik motor bosan menunggu waktu pengecasan, bisa ditinggal walaupun lupa. Baterai sendiri masih aman dari kondisi overcharge.

"Teknologi cut-off ini juga sudah banyak dipakai pada teknologi baterai handphone," papar Reza.

Mengutip dari situs unitedmotor.co, baterai perlu diisi ulang secara berkala untuk menjaga daya tahan dan kinerja motor listrik. Ketika melakukan pengecasan dan memindah baterai, upayakan jangan ada benturan fisik yang keras.

"Upayakan merawat baterai dengan selalu mengkondisikan di tempat dengan suhu ruang, jangan di suhu terlalu panas," tulis United pada laman resminya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.