Alasan Kenapa Saat Isi Bensin Harus Turun dari Motor

Alasan Kenapa Saat Isi Bensin Harus Turun dari Motor Ilustrasi pengisian bensin motor.
Sabtu, 23 Maret 2024 18:00
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Saat ini beberapa motor memiliki posisi tangki yang berada di bagian depan, sehingga tidak harus membuka jok ketika mengisi bensin. Meski tak perlu membuka jok, pengendara diimbau untuk tetap turun dari kendaraan.

Walaupun kebiasaan tidak turun dari motor tidak mempengaruhi volume bensin yang terisi, tapi para ahli mengatakan ada kaitanya dengan keselamatan. Pengendara yang turun dari motor, jika terjadi kebakaran bisa langsung menyelamatkan diri.

"Lebih baik turun, bayangkan kalau terjadi kebakaran saat isi bensin, lebih cepat mana posisi yang bisa menyelamatkan diri?," kata Safety Riding Instructor PT Astra Honda Motor (AHM), Hendrik Ferianto saat ditemui Otorider beberapa waktu lalu di Ancol, Jakarta.

Menurutnya, pengendara yang berada di samping motor dapat langsung sigap ketika terjadi bahaya. "Pengendara bisa langsung menyelamatkan diri kalau ada bahaya," papar Hendrik.

Sementara itu, Pertamina mengungkapkan alasan mengapa ketika isi BBM, pemotor harus turun dari motor. Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan ada risiko kesehatan yang bisa terjadi jika pengendara duduk di motor saat melakukan pengisian BBM.

"Paparan uap BBM yang timbul dari tangki bensin yang diisi bisa dengan mudah terhirup jika pengendara tidak turun. Arena saat pengisian, dari nozzle hingga dispenser adalah zona dengan konsentrasi uap BBM yang tinggi," papar Ginting.

Nantinya, pengendara berpotensi bisa terkena gangguan pernapasan atau sesak napas seperti asma akibat penguapan bensin. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.